Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Tentang Hak, Kewajiban, dan Tanggung jawab Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Dikelas V SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah metode problem solving pada pembelajran PPKn tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab di kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersiklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas berfokus pada siswa kelas V SD Negeri Tuadale yang berjumlah 12 orang dengan siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan 5 orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan nilai rata-rata pada siklus I 59,16 dengan presentase ketuntasan
58%. Pada siklus II hasil yang diperoleh siswa yaitu dengan nilai rata-rata 87,50 dengan presentase ketuntasan 83%, dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri Tuadale.
Kata kunci: Model Problem Solving, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Desy Tarotji Tano - Personal Name
|
Student ID |
2001140054
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Esy P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |