Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Ipa Materi Gaya Dan Gerak Siswa UPTD SMP Negeri 1 Amarasi
XMLKeterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan model experiential learning dianggap dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model PBL dan model experiential learning dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah IPA materi gaya dan gerak pada siswa SMP Negeri 1 Amarasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model experiential learning. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model experiential learning tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, sedangkan model PBL terbukti kurang efektif. Kurang efektifnya model PBL dan ketidakefektifan model experiential learning disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari karakteristik siswa.
Kata kunci : Berbasis Masalah, Experiential Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANASTASIA PANUNG - Personal Name
|
Student ID |
2001050013
|
Dosen Pembimbing |
YUSNIATI H MUH YUSUF - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo- 199304182024212054 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Yusniati H Muh Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1 Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 PAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |