Skripsi
Pengaruh Pemberian Keterampilan Penguatan (Reinforcement) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang
XMLTujuan dari pemberian penguatan yaitu untuk memberikan umpan balik dan membesarkan hati siswa atas perbuatannya sebagai suatu dorongan agar siswa termotivasi dan lebih giat berpartisipasi dalam interaksi pembelajaran. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi. salah satu cara membangkitkan motivasi belajar yaitu dengan memberikan penguatan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pemberian keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 18 siswa. Instrument yang dipake adalah angket pemberian penguatan dan angket motivasi belajar. Jumlah pernyataan dari masing-masing variabel pemberian penguatan dan motivasi belajar berjumlah 20 pernyataan dan semuannya valid dengan reliabilitasCronbach Alpha 0,896 dan variabel motivasi belajar dengan reliabilitas Cronbach Alpha 0,896. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa angket yang disebar kepada 18 responden. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas dan yang terakhir yaitu tahap uji hipotesis menggunakan SPSS versi 16.0.Normalitas data kolmogorov-smirnov variabel keterampilan penguatan dan motivasi belajar nilai Asiymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,997.uji linearitas nilai Deviatin From Linearity Sig sebesar 0,090 dengan nilai F hitung sebesar 3,476. uji heteroskedastisitas nilai sig sebesar 0,001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 27,9% sedangkan sisanya 72,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelitih oleh peneliti. Nilai t hitung 2,491 > t tabel 2,120 dan nilai sig sebesar 0,024 < dari 0,05 maka Ha di terima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Margarita Padalang - Personal Name
|
Student ID |
1601140226
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1 BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |