PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD INPRES OEBUFU

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD INPRES OEBUFU

XML

Skripsi oleh Boimau, Saras Alviany NIM 2001140170 berjudul pengembangan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu, dengan rumusan masalah bagaimana validitas dan keefektifan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkakan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu. Tujuan untuk menguji validitas dan keefektifan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkakan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembanga (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner validator serta lembar test pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan SPSS.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oebufu. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengembangan media buku saku berbasis mind mapping yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi desain, uji coba terbatas dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil uji validitas ahli media diperoleh presentase 90,62%, sedangkan hasil uji validitas ahli materi diperoleh presentase 81,39% dengan kategori sangat layak dimana buku saku ini sangat cocok untuk digunakan sebagai media yang mempermudah guru dalam menyampaikan materi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan Uji N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,60 pada uji coba terbatas dan meningkat 0,68 pada uji coba pemakaian dengan kategori sedang. Sesuai hasil belajar tersebut terbukti bahwa peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta peserta didik sangat tertarik untuk belajar menggunakan buku saku berbasis mind mapping tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulakan bahwa media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat yang telah dikembangkan sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kela IV SD Inpres Oebufu.

Kata Kunci: Buku saku, Mind mapping, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Saras Alviany Boimau - Personal Name
Student ID
2001140170
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro, S.Pd., M.Pd - - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Paulina Riwu Ga - 196006281986032001 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Oendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Boi
Copyright
Individual Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA