Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD INPRES OEBUFU
XMLSkripsi oleh Boimau, Saras Alviany NIM 2001140170 berjudul pengembangan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu, dengan rumusan masalah bagaimana validitas dan keefektifan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkakan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu. Tujuan untuk menguji validitas dan keefektifan media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat untuk meningkakan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD Inpres Oebufu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembanga (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner validator serta lembar test pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan SPSS.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oebufu. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengembangan media buku saku berbasis mind mapping yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi desain, uji coba terbatas dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil uji validitas ahli media diperoleh presentase 90,62%, sedangkan hasil uji validitas ahli materi diperoleh presentase 81,39% dengan kategori sangat layak dimana buku saku ini sangat cocok untuk digunakan sebagai media yang mempermudah guru dalam menyampaikan materi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan Uji N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,60 pada uji coba terbatas dan meningkat 0,68 pada uji coba pemakaian dengan kategori sedang. Sesuai hasil belajar tersebut terbukti bahwa peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta peserta didik sangat tertarik untuk belajar menggunakan buku saku berbasis mind mapping tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulakan bahwa media buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat yang telah dikembangkan sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kela IV SD Inpres Oebufu.
Kata Kunci: Buku saku, Mind mapping, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Saras Alviany Boimau - Personal Name
|
Student ID |
2001140170
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro, S.Pd., M.Pd - - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Paulina Riwu Ga - 196006281986032001 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Silvester P. Taneo, S.Pd., M.Si - NIP. 19601126 198803 1 005 - - Ketua Penguji
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1 Dra. Paulina Riwu Ga, S.Pd, M.Pd NIP 196006281986032001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Oendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 Boi
|
Copyright |
Individual Penulis
|
Doi |