PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda kelas IV SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang, dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh di mana semua populasi dijadikan sebagai sampel yakni, terdisi dari 13 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan terhadap uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji pengaru (uji-t) dengan menggunakan SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebesar 53,08 dan hasil posttest sebesar 75,00. Uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,906 >
0,05 sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,597 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan uji paired sample T-Test menunjukan bahwa nilai sig.(2-tailed) dari nilai pretest-posttest yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Hasil Belaja


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SYOFI ELDA SAE - Personal Name
Student ID
2001140172
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Martha Khristina Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Martha Khristina Kota - 9900007842 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA