Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan I-Spring Suite Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas Xi di SMANegeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan I-Spring Suite Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas Xi di SMANegeri 4 Kupang

XML

Perkembangan teknologi menjadi salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran yaitu, pembuatan media pembelajaran berbasisi aplikasi android. Dalam proses pembelajaran matematika yang terjadi di SMA Negeri 4 Kupang khususnya di kelas XI pendidik menggunakan PPT dan bahan ajar sebagai alat bantu dalam pembelajaran namun pendidik merasa bahwa media tersebut kurang interaktif dikarenakan masih terbatas pada PPT biasa sehingga terdapat peserta didik yang kurang antusias dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android dengan I-Spring suite pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI di SMA Negeri 4 Kupang yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara, angket dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Aplikasi Nubar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yaitu valid, praktis dan efektif. Kriteria valid didapat dari rata-rata total kevalidan oleh ketiga ahli materi dan media sebesar 4.72 sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Untuk kriteria praktis diperoleh dari rata-rata total kepraktisan dari guru sebesar 4.67 dan peserta didik skala kecil dan skala besar secara berturut-turut adalah 4.6 dan 4.5, sehingga media pembelajaran termasuk kategori “praktis”. Sementara itu kriteria efektif didapat dari hasil persentase ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba skala kecil sebesar 80% dengan kategori “efektif” dan uji coba skala besar 70.97% dan termasuk kategori “efektif”.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Michael Marselino Rihi - Personal Name
Student ID
2001030048
Dosen Pembimbing
Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd - NIP. 19640702 199303 2 005 - Dosen Pembimbing 1
Imelda H. E. Rimo, S.Pd., M.Si - NIP. 19890603 202321 2 044 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irna. K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Rih P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA