Penerapan Model Problem Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Komponen Ekosistem di Kelas V SD Tiga Putra Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Komponen Ekosistem di Kelas V SD Tiga Putra Kupang

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Komponen Ekosistem Di Kelas V SD Tiga Putra Kupang. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini di laksanakan di SD Tiga Putra Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 orang peserta didik terdapat 9 orang peserta didik (45 %) di nyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, dapat bekerja sama dengan teman lainnya, mengerjakan LKPD dengan benar dan juga menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 11 orang peserta didik (55%) berdasarkan hasil pengamatan dan tes di nyatakan belum tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, suka mengganggu teman lainnya, kurang bekerja sama dalam kelompok, belum menyelesaikan LKPD dan soal tes dengan benar, dan fakta di kelas juga guru kurang membimbing peserta didik, guru kurang mampu mengelola dan menguasai kelas, Guru belum mampu mengalokasikan waktu dengan baik, Guru belum menayangkan video pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan dari 20 orang peserta didik yakni terdapat 18 orang peserta didik (90%) di nyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan tugas dan soal tes dengan benar, mampu bekerja sama dengan teman kelompok, guru dapat menjelaskan materi dengan baik, guru sudah memahami metode pembelajaran, guru sudah menayangkan video pembelajaran, guru sudah mampu menguasai kelas dan memahami karakter peserta didik sedangkan 2 orang peserta didik (10%) di nyatakan belum tuntas atau belum memenuhi standar KKTP karena kurang memperhatikan penjelasan guru, suka mengganggu teman lainnya, belum mampu bekerja sama dalam kelompok, belum menyelesaikan soal tes dengan benar, guru kurang memahami karakter peserta didik, guru belum mampu mengalokasikan waktu dengan baik. Untuk itu, 2 orang yang belum tuntas akan di berikan akan di berikan remedial oleh guru kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran komponen ekosistem pada peserta didik kelas V SD Tiga Putra Kota Kupang. Hal ini dapat di ketahui dengan adanya peningkatan berdasarkan hasil analisis dan hasil test peserta didik pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Komponen Ekosistem, Hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Trifosa Nalenan - Personal Name
Student ID
2001140108
Dosen Pembimbing
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Osa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA