PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB ASUHAN KASIH KOTA BARU KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB ASUHAN KASIH KOTA BARU KUPANG

XML

Penelitian ini berjudul Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Anak Tunagrahita Di SLB Asuhan Kasih Kota Baru Kupang. Dengan menggunakan Kurikulum Merdeka, salah satu capaian pembelajaran pada fase C untuk Sekolah Dasar (SD) yang harus dicapai adalah peserta didik mampu menulis kata dan kalimat sederhana (tiga kata) dengan atau tanpa bantuan gambar dari berbagai teks sesuai dengan struktur atau tata bahasa. Media gambar adalah pembelajaran berbasis visual yang dapat memudahkan pemahaman terhadap suatu materi pelajaran yang rumit atau kompleks. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis pada anak tunagrahita di SLB Asuhan Kasih Kota Baru Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat ketercapaian kemampuan menulis kalimat sederhana dengan menggunakan media gambar pada anak tunagrahita di SLB Asuhan Kasih Kota Baru Kupang. Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada siklus I termasuk dalam kategori kurang baik yakni dengan rerata kelas baru mencapai 33,3% karena dari 6 siswa yang menjadi objek penelitian jumlah siswa yang tuntas atau memperoleh nilai terendah 75 adalah 2 orang namun belum mencapai kategori sempurna yang diharapkan sehingga harus dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus ini, ditekankan pada indikator-indikator yang belum dicapai pada siklus I. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II, peningkatan keterampilan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata - rata kelas mencapai 100% karena 6 siswa yang menjadi objek penelitian tuntas atau mendapat nilai terendah 75. Dengan demikian, peningkatan menulis kalimat sederhana dengan menggunakan media gambar pada anak tunagrahita di SLB asuhan kasih kota baru Kupang sudah mencapai hasil yang ditetapkan dalam kurikulum.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Flavianus Koko - Personal Name
Student ID
1701010083
Dosen Pembimbing
Marselus Robot - 1961060119900331001 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marselus Robot - 196106011990031001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Aris Nurhuda - 199003142022031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Kok P
Copyright
Individual Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA