OPTIMALISASI PEMBINAAN ANAK BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS 1 KUPANG DALAM UPAYA PENCEGAHAN RESIDIVIS

Detail Cantuman

Skripsi

OPTIMALISASI PEMBINAAN ANAK BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS 1 KUPANG DALAM UPAYA PENCEGAHAN RESIDIVIS

XML

Anak merupakan generasi yang menentukan keberlangsungan serta keberhasilan suatu negara di masa depan. Negara harus menjaga dan merawat generasi penerusnya dengan baik agar tidak jatuh dalam perbuatan melawan hukum. Anak yang melakukan suatu tindak pidana harus menjalankan masa tahanan di lembaga pemasyarakatan atau yang kenal sebagai Lembaga Pembinaan Khusus anak (LPKA) guna untuk dididik dan dibina menjadi warga negara yang baik di tempat terpisah dari lingkungan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah optimalisasi pembinaan anak binaan dalam upaya pencegahan Residivis? (2) Apakah yang menjadi faktor penghambat dalam optimalisasi pembinaan anak binaan pemasyarakatan?
Penelitian ini merupakan metode penelitian hukum empiris. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini yakni data primer yang diperoleh dari wawancara dan obsevasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kupang serta data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, kemudian diolah dengan cara pemeriksaan, penandaan serta penyusunan/sistematis data, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Optimalisasi pelaksanaan pembinaan anak binaan pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kupang dalam upaya pencegahan residivis dilakukan melalui pembinaan kepribadian meliputi pembinaan kerohanian dan konseling, pembinaan berbangsa dan bernegara, pembinaan kesenian dan olahraga. Sedangkan pembinaan kemandirian dilakukan melalui pembinaan pendidikan, dan pembinaan keterampilan-keterampilan. Selain itu dilakukan pembinaan reintegrasi dan integrasi meliputi asimilasi, cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat. (2) Faktor pengambat di antaranya: sarana dan prasarana dan kualitas SDM yang kurang.
Saran: Diharapkan pihak Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Kupang perlu meningkatkan sarana prasarana yang memadai, menyiapkan kulitas SDM dengan berbagai keahlian yang mendukung pelaksanaan proses pembinaan serta bekerja sama dengan para stakeholder dan instansi-instansi luar, baik itu instansi pemerintahan maupun instansi non-pemerintahan agar proses pembinaan dapat berjalan dengan optimal sehingga dapat mempersiapkan anak binaan sebelum kembali ke masyarakat.

Kata Kunci: Optimalisasi, Pembinaan, Anak Binaan Pemasyarakatan, Residivis, Faktor Penghambat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2002010096
Dosen Pembimbing
Thelma S.M. Kadja - 19581017 198803 2 001 - Dosen Pembimbing 1
DAUD DIMA TALO - 195912261986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Orpa Ganefo Manuain - 196310201989012001 - Ketua Penguji
Thelma S.M. Kadja - 195810171988032001 - Penguji 1
Daud Dima Talo - 195912261986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742. 01 Cor O
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA