IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi profil pelajarpancasila dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang, kendala GuruPPKn-kendala Guru PPKn apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikan profil pelajarpancasila dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang, bagaimanaupaya mengatasi kendala Guru PPKn-kendala Guru PPKn yang dihadapi dalammengimplementasikan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas XSMA Negeri 2 KupangPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasiladalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang, mendeskripsikankendala Guru PPKn-kendala Guru PPKn apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikanprofil pelajar pancasila dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang,mendeskripsikan upaya mengatasi kendala Guru PPKn-kendala Guru PPKn yang dihadapidalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PPKn pada siswakelas X SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatifyakni suatu analisis yang menggambarkan secara terperinci hasil-hasil yang ditemukan dilapangan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ada. Penelitian menggunakan teknikobservasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalahGuru PPKn dan siswa kelas X SMA Negeri 2 KupangHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pancasila sudah diterapkandengan baik sesuai elemen-elemen yang ada seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran,gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan, saling menghargai, mandiri dan kreatif.Implementasi profil pelajar pancasila tentunya terdapat kendala-kendala seperti siwa tidakmau ketika ditunjuk untuk berdoa, tidak menyimak pembelajaran, pasif dalam berdiskusi dantidak ambil bagian dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila. Guru harusmemiliki strategi atau upaya dalam mengatasi kendala-kendala tersebut agar dapat mendorongsiswa menguatkan karakter melalui profil pelajar pancasila.

Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PPKn


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
ERLINA FAOT - Personal Name
Student ID
2001070013
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Fao I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA