Pengaruh Media Audio Visual Materi Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Sdi Fatufeto 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Media Audio Visual Materi Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Sdi Fatufeto 1 Kupang

XML

ABSTRAK

Skripsi oleh Kaleb Lay. PGSD. 2020 dengan judul “pengaruh media audio visual materi tentang sistem peredaran darah pada manusia terhadap hasil belajar di kelas v sdi fatufeto 1 kupang”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh yang signifikan pada pengguna media audio visual terhadap hasil belajar pada materi tentang sistem peredaran darah pada manusia di Kelas V SDI Fatufeto 1 Kupang ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan pada media audio visual terhadap hasil belajar pada materi tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas V SDI Fatufeto 1 Kupang.
Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan, instrument divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukan nilai alpha cronbach’s sebesar 0.925 sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu pre- experimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettes- posttes design. Subjek penelitian berjumlah berjumlah 25 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen, siswa kelas V SDI Fatufeto 1 Kupang, tahun angkatan 2020/2021. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samples test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Ini berarti bahwa media audio-visual ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia di/1kelas/1V SDI Fatufeto 1 kupang. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 12.419 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 24 adalah 1.7109. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata(mean) sebesar 54.60 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 73.80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 19.200. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikan pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada media audio-visual terhadap hasil belajar siswa tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas V SDI Fatufeto 1 kupang.

Kata Kunci : media audio-visual, hasil belajar, sistem peredaran darah pada manusia.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Kaleb Lay - Personal Name
Student ID
1601140187
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
FEMBRIANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
860,26 Lay P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA