Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri Biboki Anelu Kab Timor Tengah Utara
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Biboki Anleu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri Biboki Anleu.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Biboki Anleu yang berjumlah 136 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan berupa pernyataan yang diukur dengan skala likert. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data variabel problem based learning memperoleh hasil bahwa nilai t_hitung> t_tabel (4,136>1.98447) dan nilai signifikan <0,05 (0,000<0,05) artinya problem based learning berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar. Hasil uji koefisien determinasi (R Square) menujukkan 14,7% hasil belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran problem based learning dan 85,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fridolina Teme - Personal Name
|
Student ID |
1901080023
|
Dosen Pembimbing |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 1 Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 TEM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |