Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Kupang pada Materi Trigonometri dengan Berbantuan Power Point Interaktif

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Kupang pada Materi Trigonometri dengan Berbantuan Power Point Interaktif

XML

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru membuat kurangnya keterlibatan siswa untuk berpartisipasi aktif dan juga penggunaan media pembelajaran terlihat kurang maksimal. Dengan demikian, diperlukan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang lebih optimal agar membangun keterlibatan siswa untuk berpartisipasi aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kota Kupang dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi trigonometri dengan berbantuan power point interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur penelitian yang didasari pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen penelitian yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 63,33% terlihat meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Sementara untuk hasil observasi aktivitas guru saat mengajar pada siklus I memperoleh persentase 93,1 % terlihat meningkat menjadi 97,9% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 86,8% meningkat menjadi 95,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning pada materi trigonometri dengan berbantuan power point interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 kota kupang.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa , power point interaktif , Trigonometri.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ivona Lydia Mendes - Personal Name
Student ID
1901030059
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 1
Imelda H. E. Rimo, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Men P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA