Efektivitas Pemberdayaan Danpelayanan Pemerintah Pasca Pemekaran Wilayah (Studi Kasus : Kelurahan Satar Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pemberdayaan Danpelayanan Pemerintah Pasca Pemekaran Wilayah (Studi Kasus : Kelurahan Satar Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan dan pemberdayaan pemerintah pasca pemekaran Kelurahan Satar Peot dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas pelayanan dan pemberdayaan pemerintah pasca pemekaran Kelurahan Satar Peot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) efektivitas pelaksanaan pelayanan masyarakat menunjukan bahwa pemerintah Kelurahan sudah bekerja dengan baik dan memahami tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelayan masyarakat, tepat waktu, tepat sasaran, tercapainya tujuan dari pemekaran itu sendiri dengan mendekatkan pelayanan kepadamasyarakat dan meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat, menunjukan perubahan nyata yang nampak seperti yang diterima masyarakat (2) efektivitas pelaksanaan pemberdayaan masyarakat menunjukan bahwa pemerintah Kelurahan kurang memahami tugas dan tanggung jawab mereka, tidak tepat waktu dan tidak tepat sasaran. Tercapainya tujuan yang dilakukan pemerintah Kelurahan ialah berkaitan dengan pembangunan yang melibatkan masyarakat dan menunjukan perubahan nyata yang dapat dilihat ialah kemajuan pembangunan di Kelurahan Satar Peot sedangkan pemberdayaan seperti kelompok tani dan lainnya tidak mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Faktor pendukung adalah letak pusat pelayanan yang semakin dekat dengan lingkungan masyarakat, jumlah penduduk yang sedikit dan luas wilayah yang semakin kecil. Faktor penghambat adalah minimnya ide dan kreatif pemerintah Kelurahan untuk memberdayakan masyarakat yang ada di Kelurahan, ketersediaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan publik yang masih perlu ditambah atau dilengkapi dan pembangunan yang tidak merata sehingga menimbulkan kesenjangan. Kata kunci : Efektivitas, Pemekaran wilayah, pelayanan masyarakat, pemberdayaan masyarakat


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703040006
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
Yohannes Fisher Keon - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Yohannes F Keon - - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Dam E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA