Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dalam Inovasi Sumber Daya Alam Lokal Di Masyarakat (Studi Eksploratif Pada Yayasan Alfa Omega)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dalam Inovasi Sumber Daya Alam Lokal Di Masyarakat (Studi Eksploratif Pada Yayasan Alfa Omega)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman masyarakatdalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam menjadi suatu produk melalui inovasi. Sehingga diharapkan peran Lembaga Swadaya Masyarakat untuk membantu masyarakat dalam hal inovasimengenai pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam lokal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran lembaga swadaya masyarakat dalaminovasi sumber daya alam lokal di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi eksploratif. Penelitian ini berlokasi di Lembaga Swadaya Masyarakat, Yayasan Alfa Omega yang berlokasi di Jalan Timor Raya KM.13, Desa Mata Air , Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah Direktur Yayasan Alfa Omega, Wakil Direktur Yayasan Alfa Omega, Kepala Divisi Umum, dan masyarakat sasaran kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Triangulasi yang digunakan untuk menjelasakan keabsahan data yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 (empat) indikator yang menjelaskan mengenai peran Yayasan Alfa Omegadalam inovasi sumber daya alam. Keempat indikator tersebut mencakup strategi, dampak, nilai, dan manfaat. Dari keempat indikator yang ada dapat dilihat bahwa peran Yayasan Alfa Omega sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat sudah terealisasikan pada indikator strategi, dampak, nilai dan manfat. Melalui strategi yang dilakukan oleh lembaga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, Namun untuk dua indiaktor yakni indikator nilai dan manfaat terdapat temuan baru yang nantinya akan menjadi evaluasi bagi pihak lembaga dan masyarakat agarr hal tersebut tidak terulang kembali kejadian yang serupa pada kegiatan selanjutnya.
Kata Kunci: Peran, Lembaga Swadaya Masyarakat, Inovasi, Sumber Daya Alam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KRISTINA NOVIYANTI - Personal Name
Student ID
1901170001
Dosen Pembimbing
AMBARA SARASWATI MARDANI - 198511082008122003 - Dosen Pembimbing 1
GALLEX SIMBOLON - 198910042018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ambara Saraswati Mardani - 198511082008122003 - Ketua Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Penguji 1
Nirwaning Makleat, S.Si.,M.Pd_198511082008122 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 NOV P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA