HABITUASI DIMENSI KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL DAN KARAKTER GOTONG ROYONG PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI FONTEIN 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

HABITUASI DIMENSI KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL DAN KARAKTER GOTONG ROYONG PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI FONTEIN 1 KOTA KUPANG

XML

Pendidikan merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai dan mengembangkan potensi individu menuju kematangan, tidak hanya dalam pengetahuan tetapi juga dalam sikap dan perilaku. Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2022 berencana membentuk karakter siswa melalui profil pelajar pancasila.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi habituasi dimensi karakter kebhinekaan global dan karakter gotong royong dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV SD Negeri Fontein 1 Kota Kupang. Fokus utama penelitian ini adalah memahami strategi yang digunakan dalam pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses pembiasaan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan studi dokumentasi..Observasi dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi habituasi karakter kebhinekaan global dan gotong royong pada peserta didik. Wawancara dilakukan dengan guru untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai strategi dan tantangan yang dihadapi. Studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pendukung lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai keberagaman global dan gotong royong. Beberapa faktor pendukung antara lain kurikulum yang mendukung, pembelajaran yang aktif dan berpusat pada peserta didik, penggunaan media pembelajaran yang tepat, dan lingkungan belajar yang inklusif. Namun, terdapat juga beberapa hambatan seperti kurangnya pemahaman implementasi di luar kelas dan keterbatasan materi pembelajaran terkait.
Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi habituasi yang dilakukan dapat memperkuat profil pelajar Pancasila dengan meningkatkan sikap saling menghormati, kerjasama, dan kepedulian sosial di antara peserta didik. Diperlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak untuk mengatasi hambatan yang ada dan memperkuat efektivitas strategi ini di masa mendatang.

Kata kunci: Habituasi Karakter Kebhinekaan Global, Habituasi Karakter Gotong Royong, Profil Pelajar Pancasila.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marni Koa - Personal Name
Student ID
2001140031
Dosen Pembimbing
Prof. Dr. Drs. Petrus Ly, M. Si - 19591211 19801 002 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd., M.Pd - - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Prof.Dr.Drs.Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala, M.Pd - 199220430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mar H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA