Dilema Sanksi Pelanggar Kore Metan (Studi Sosiologis di Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Tentang Pandangan Masyarakat Suku Kemak Terhadap Pemberlakuan Sanksi Bagi Pelanggar Tradisi Kore Metan)

Detail Cantuman

Skripsi

Dilema Sanksi Pelanggar Kore Metan (Studi Sosiologis di Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Tentang Pandangan Masyarakat Suku Kemak Terhadap Pemberlakuan Sanksi Bagi Pelanggar Tradisi Kore Metan)

XML

Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Tentang Pandangan Masyarakat Suku Kemak Terhadap Pemberlakuan Sanksi Bagi Pelanggar Tradisi Kore Metan)”. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pandangan masyarakat suku Kemak mengenai pemberian sanksi pada praktik tradisi kore metan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis sanksi-sanksi pada praktik tradisi kore metan menurut pandangan dan kepercayaan masyarakat suku Kemak di Kabupaten Belu. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Rinbesi, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, dimana 7 di antaranya adalah pelaku praktik tradisi kore metan dan seorang tua adat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat masih mempertahankan praktik tradisi kore metan sebagai wujud ungkapan kasih dan penghormatan oleh keluarga terhadap orang yang telah wafat, dan dalam prosesnya ada sanksi yang diberikan bila tradisi tersebut dilanggar. Ada pro dan kontra yang ditemui peneliti mengenai penerapan sanksi tersebut, masyarakat yang setuju berpandangan bahwa sanksi merupakan bagian dari tradisi sehingga harus terus dijalankan, sedangkan masyarakat yang tidak setuju beranggapan bahwa ada alternatif lain yang dapat diberikan selain denda, hal ini datang dari pertimbangan pribadi individu berdasarkan dampak praktis sanksi bagi kehidupan mereka. Peneliti menyarankan kepada Tua Adat dan kepada pelaku tradisi kore metan, agar melestarikan kebudayaan yang dimiliki, serta kepada Tua Adat agar turut mengkomunikasikan segala keputusan yang dibuat dengan masyarakat agar tidak menimbulkan perbedaan pemahaman atas keputusan yang dibuat.

Kata Kunci: Kore Metan, Ungkapan Kasih, Dilema Sanksi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lusia Alodia Bana - Personal Name
Student ID
2003030006
Dosen Pembimbing
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Yeheskial Adriaan Roen - 198110012009121006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ban D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA