Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan Beternak Ayam Kampung Dalam Program Keaksaraan Fungsional Produktif di Pkbm Nekmese Desa Oepliki Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan Beternak Ayam Kampung Dalam Program Keaksaraan Fungsional Produktif di Pkbm Nekmese Desa Oepliki Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

ABSTRAK

Skripsi oleh Nedy Adisander Sopaba (NIM 1301172013) 2020. Berjudul Penerapan Pembelajaran Kewirausahaan Beternak Ayam Kampung dalam Program Keaksaraan Fungsional Produktif di PKBM Nekmese Desa Oepliki Kecamatan. Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan dibimbing oleh Dra. Pasmiyati, M.Pd dan Erni R. Klau, S. Psi, MA.
Masalah yang diteliti ialah penerapan pembelajaran kewirausahaan beternak ayam kampung pada program keaksaraan fungsional produktif menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat program aksara , Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan mengambil lokasi di PKBM Nekmese Kecamatan Noebeba. Subyek penelitian terdiri dari Pengelola PKBM 1 orang, Tutor program keaksaraan fungsional 1 orang dan warga belajar sebanyak 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan langsung (observasi), wawancara (interview) dan studi dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman pedoman observasi, pedoman waawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program kewirausahaan beternak ayam kampung berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dengan membelajarkan, mensejaterahkan, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan beternak ayam kampung melalui program keaksaraan fungsional produktif yang dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan. Dalam pelaksanaannya program kewirausahaan beternak ayam kampung yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan penghasilan warga belajar. Faktor pendukung pelaksanaan program aksara kewirausahaan ternak ayam yaitu respon positif dan masyarakat, adanya dukungan dari dinas pendidikan dan aparat Desa setempat, adanya kerja sama dari berbagai masyarakat dan semangat dari masyarakat untuk mengikuti program kewirausahaan beternak ayam kampung.

Kata Kunci: Beternak Ayam Kampung, Program Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Produktif


Detail Information

Item Type
Penulis
NEDY ADISANDER SOPABA - Personal Name
Student ID
1301172013
Dosen Pembimbing
PASMIYATI - 195508271986032002 - Dosen Pembimbing 1
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ambara Saraswati Mardani - 198511082008122003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Sop P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA