Kualitas Pelayanan Humas Di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Humas Di Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan humas di rumah sakit umum daerah ruteng serta untuk mengetahui hal-hal yang dilakukan Humas Rumah Sakit Umum daerah Ruteng dalam mengembangkan hubungan dengan publik eksternal dengan berfokus pada bukti fisik (tangible), jaminan (assurance), daya tanggap (responsiviness), kehandalan (reliability) dan kepedulian (empathy). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti fisik (tangible) pada Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng sudah diterapkan dengan menggunakan indikator ketersediaan fasilitas yang sudah memadai. Jaminan (assurance) diterapkan Rumah sakit umum daerah ruteng dengan indikator keamanan dan kenyamanan pasien dengan mendapatkan informasi yang jelas dan akurat serta mendapatkan perlakuan yang baik serta sikap ramah dari petugas. Daya tanggap (responsiviness) dan kehandalan (reliability) diterapkan Rumah sakit umum daerah ruteng dengan indikator ketepatan dan kecepatan pelayanan yang sudah baik dimana petugas maupun dokter memberikan respon dan pelayanan dengan cepat dan tepat waktu. Walaupun masih ada sebagian petugas yang memberikan pelayanan yang kurang baik, namun informan masih merasa puas dengan pelayanan yang telah didapatkan. Kepedulian (empathy) diterapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Ruteng dengan indikator kepedulian pegawai yang sudah baik dimana petugas rumah sakit dengan sigap membantu pasien serta perlakuan yang sama yang didapatkan oleh pasien umum maupun pasien BPJS. Kualitas pelayanan humas di rumah sakit umum daerah ruteng sudah baik dengan menerapkan indikator-indikator kualitas pelayanan humas.

Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Humas,Rumah Sakit


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sherlyana Godeliva Roma - Personal Name
Student ID
2003050224
Dosen Pembimbing
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 1
I.G.A. Rina Pietriani - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Ketua Penguji
I.G.A. Rina Pietriani - 8897023419 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Rom K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA