Analisis Kelayakan Potensi Ekowisata Pada Kawasan Wisata Air Terjun Matayangu TN Matalawa (Studi Kasus Desa Manurara Kecamatan Katikutana Selatan Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kelayakan Potensi Ekowisata Pada Kawasan Wisata Air Terjun Matayangu TN Matalawa (Studi Kasus Desa Manurara Kecamatan Katikutana Selatan Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur)

XML

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti memiliki berbagai objek wisata alam, salah satunya Air Terjun Matayangu. Air Terjun Matayangu merupakan kawasan ekowisata yang saat ini dikembangkan. Penelitian dalam kawasan ekowisata ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan ekowisata Air Terjun Matayangu dalam menunjang kenyamanan dan keamanan berwisata. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan yaitu sepanjang bulan Maret 2024 di kawasan Air Terjun Matayangu, Desa Manurara, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Responden pada penelitian ini berjumlah 57 orang yang terdiri dari 2 orang pihak pengelola serta 35 orang masyarakat, sementara 20 orang diantaranya merupakan pengunjung yang pernah datang mengunjungi kawasan ekowisata Air Terjun Matayangu. Kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis ADO-ODTWA. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai total indeks kelayakan potensi ekowisata Air Terjun Matayangu dari 7 variabel yang dikaji ialah 66,44% sehingga Potensi Ekowisata Air Terjun Matayangu belum layak dan harus meningkatkan potensi yang ada.

Kata Kunci: Analisis Kelayakan, Potensi Ekowisata, Air Terjun Matayangu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH NGGESU - Personal Name
Student ID
2004070027
Dosen Pembimbing
MUHAMMAD SOIMIN - - Dosen Pembimbing 1
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MUHAMMAD SOIMIN - - Ketua Penguji
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Penguji 1
PAMONA SILVIA SINAGA - 198601162019032013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 NGG A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA