Identifikasi Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang ( Studi Kasus Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan)

Detail Cantuman

Skripsi

Identifikasi Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang ( Studi Kasus Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk-bentuk patologi birokrasi dalam pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang (Studi Kasus Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informan yang menjadi narasumber penelitian ini adalah Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, Kepala Seksi Pengaduan dan Layanan Informasi, Petugas Loket Pelayanan, dan masyarakat. Jadi, total informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk–bentuk patologi birokrasi dalam pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat patologi birokrasi yaitu tidak adanya kejelasan waktu penyelesaian pelayanan dimana dalam proses pengurusan izin mendirikan bangunan membutuhkan waktu tiga hari tapi dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang belum terbuka (transparan) terkait komponen biaya pembuatan izin mendirikan bangunan, masih ditemukan ketidaktelitian pada pelayanan izin mendirikan bangunan yang disebabkan adanya faktor kelalaian atau kesalahan yang dilakuan para pegawai, masih adanya tindakan tidak disiplin pegawai sering datang terlambat dan tidak masuk kantor dan ada pegawai yag tidak menetap dirungan pelayanan izin mendirikan bangunan, masih adanya tindakan bertindak tidak adil yang mana pimpinan atau pegawai lebih mementingkan golongan dan kekerabatan dalam memberikan pelayanan, masih adanya sikap tidak acuh yaitu pegawai tidak peduli dengan pemohon yang membutuhkan pelayanan izin mendirikan bangunan, dan masih ditemukan adanya tidak mau bertindak yaitu pegawai memiliki sikap ragu-ragu atau enggan memberikan pelayanan kepada pengguna layanan.
Kata Kunci : Identifikasi, Patologi, Birokrasi


Detail Information

Item Type
Penulis
TIARA WULAN FANGGI - Personal Name
Student ID
1703010199
Dosen Pembimbing
JACOB WADU - 196305301988031002 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS ND L T RATOEBANDJOE - 195711241988031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Ketua Penguji
Paulus Nd L T Ratoebandjoe - 195711241988031001 - Penguji 1
Nursalam, M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632. 01 FAN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA