Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Project Based Learning di Kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Project Based Learning di Kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha

XML

Skripsi oleh Rani Jeanita Padji kana. 2001140098. PGSD. 2024 dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Melalui Model Project Based Learning di Kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang siste pencernaan manusia melalui model Project Based Learning di kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan manusia melalui model Project Based Learning di kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar peserta didik.
Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,70%, sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada silkus I memperoleh nilai rata-rata 72%. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 87,15%. Sedangkan, hasil observasi aktivitas guru pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 93%. Tes hasil belajar peserta didik mulai dari pra siklus yang belum menggunakan model pembelajaran PjBL, ditemukan bahwa 50% atau 9 orang dari 18 peserta didik tidak mencapai standar KKTP. Pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran PjBL, dari 18 peserta didik terdapat 5 peserta didik atau sebesar 27,77% peserta didik yang mencapai standar KKTP yaitu 70 dengan rentang nilai 70-100, sementara itu terdapat 13 orang peserta didik atau sebesar 77,22% yang tidak mencapai standar KKTP yaitu dibawah 70 dengan rentang nilai 20-69. Pada siklus II, terjadi peningkatan dimana dari 18 peserta didik yang mengikuti tes hasil belajar, sebanyak 17 peserta didik atau 94,44% berhasil mencapai nilai antara 70-100 dan dinyatakan tuntas, sementara 1 peserta didik atau 5,55% mendapat nilai antara 50-69 dan dinyatakan tidak tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V UPTD SDI Nunbaun Delha. Hasil proyek yang dibuat peserta didik dengan menerapkan model PjBL yakni alat peraga membuat peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung dari proses menciptakan atau mengalami sendiri proyek yang dikerjakan. Melalui teori konstruktivisme dan kerucut pengalaman Edgar Dale, menciptakan pembelajaran yang interaktif yang membawa perubahan pada hasil belajar peserta didik yang meningkat

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Project Based Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rani Jeanita Padji Kana - Personal Name
Student ID
2001140098
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty Elisabeth Antonetha Nawa, S.Pd.,M.Pd - NIP: 19780929 202421 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA