Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) Berbasis Etnokimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Pada Materi Asam Basa Tahun Ajaran 2023/2024

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) Berbasis Etnokimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Pada Materi Asam Basa Tahun Ajaran 2023/2024

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) Berbasis Etnokimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Pada Materi asam basa Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control design group. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu wawancara, soal tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis etnokimia. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis etnokimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Besar peningkatan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 62,44 dan kelas kontrol sebesar 14,96. Berdasarkan analisis setiap aspek kemampuan berpikir kritis, kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang, kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis etnokimia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Etnokimia, LC 5E, Berpikir Kritis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GAYUS PRASETIA JELAHU - Personal Name
Student ID
2001060070
Dosen Pembimbing
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Dosen Pembimbing 1
EKA BUANG S. KALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
DORTHEA M. W. NAY - - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 JEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA