Skripsi
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) Berbasis Etnokimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Pada Materi Asam Basa Tahun Ajaran 2023/2024
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) Berbasis Etnokimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Pada Materi asam basa Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control design group. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu wawancara, soal tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis etnokimia. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis etnokimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Besar peningkatan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 62,44 dan kelas kontrol sebesar 14,96. Berdasarkan analisis setiap aspek kemampuan berpikir kritis, kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang, kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis etnokimia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Etnokimia, LC 5E, Berpikir Kritis.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GAYUS PRASETIA JELAHU - Personal Name
|
Student ID |
2001060070
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
DORTHEA M. W. NAY - - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1 Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 JEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |