Skripsi
Kualitas Pelayanan Tarif Air Minum Pada Perusahaan Umum Daerah(PERUMDA) Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai
XMLPelayanan publik merupakan upaya Negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga Negara atas barang, jasa dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelanggara pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan sejauh mana Kualitas Pelayanan Tarif Air Minum Pada Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Komodo sebagai upaya pelayanan air minum di Kabupaten Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskripsif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas PelayananTarif Air Minum Perumda Air Minum Tirta Komodo belum dikatakan baik karena masih rendahnya dimensi berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Adapun permasalahan yang ada di Perumda Air Minum Tirta Komodo yaitu debit air yang menurun, air yang macet, pipa bocor, pengaduan masyarakat yang direspon lambat. Upaya dalam meningkatkan pelayanan yang dlakukan Perumda dalam bidang keluhan pelanggan yaitu menyediakan layanan pengaduan berupa media sosial resmi Perumda Air Minum Tirta Komodo.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Tarif Air Minum
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
URSULA SURATI PASNI - Personal Name
|
Student ID |
2003010005
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
UMBU TAY W PARIANGU - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1 Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 PAS K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |