PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI-I SMA NEGERI 7 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI-I SMA NEGERI 7 KUPANG

XML

Maria Yunita Seuk, Nim 2001090041, 2024 menulis skripsi ini dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction”. Dibimbimg oleh Dr. Djakariah M.Pd sebagai pembimbing satu dan Susilo Setyo Utomo, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing dua. Masalah dalam penelitian ini ialah guru masih monoton menggunakan model pembelajaran ceramah yang membuat siswa merasa cepat bosan dan jenuh sehingga mengakibatkan rendahnya minat serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction. Jenis peneilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa di kelas XI-I adalah 34 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat langkah meliputi; 1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Pengamatan 4. Tahap Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dari tes hasil belajar, observasi dan studi dokumen. Data hasil belajar diperoleh melalui tes. Data hasil observasi diperoleh melalui observasi hasil belajar. Ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu ≥80%. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction dengan langkah-langkah: (a) guru menyiapkan bahan ajar dan alat untuk pembelajaran, (b) guru menyampaiakan materi sebaga pendahuluan, (c) pembagian kelompok yang heterogen, (d) pembagian peran kepada masing-masing anggota dalam kelompok dan guru membagi kartu peran dan menjelaskan tugas masing-masing peran, (e) guru membagikan bahan ajar atau permasalahan kepada masing-masing kelompok, (f) siswa dapat berdiskusi dalam kelompok sesuai kartu peran yang dibagikan guru, (g) guru membimbing pelaksanaan diskusi dalam kelompok, (h) siswa melakukan presentasi, (i) guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, (j) guru melakukan evaluasi individual terkait bahan ajar. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction ini dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI-I SMA Negeri 7 Kupang. Hal ini dapat terlihat pada siklus I yang mencapai KKTP dengan nilai rata-rata 72,35. Hal ini diperbaiki lagi pada siklus II dan mencapai KKTP dengan nilai rata-rata 87,64.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Complex Instruction Pembelajaran Sejarah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA YUNITA SEUK - Personal Name
Student ID
2001090041
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Gde Wayan Wisnuwardana - 19861029 201903 1 008 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Seu. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA