Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMAS ST. Familia Wae Nakeng Lembor
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET Simulation terhadap hasil belajar kimia siswa di SMAS St. Familia Wae Nakeng pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Total Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata skor hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation dan kelompok yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata skor dari kelas eksperimen yang sebelumnya 55 mengalami peningkatan menjadi 87,97, begitu pula dengan kelas kontrol yang sebelumnya 61,25 meningkat menjadi 78,91.
Kata kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), PhET Simulation
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
HILARIUS KARNO - Personal Name
|
Student ID |
2001060019
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Ketua Penguji
EKA BUANG S. KALA - - Penguji 1 Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 KAR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |