Skripsi
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI RANTAI MAKANAN DI KELAS V SD NEGERI OETONA (Penelitian Tindakan Kelas)
XMLRumusan masalah bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan di kelas V SD Negeri Oetona. Tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan di kelas V SD Negeri Oetona. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Oetona, hasil penelitian hasil belajar IPAS materi rantai makanan pada siklus I berada pada kategori belum mencapai ketuntasan, perlu mengulang pada beberapa bagian dengan nilai rata-rata 55,66 dan secara individual dari 30 siswa hanya 12 siswa 40% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sedangkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remidial dengan nilai rata-rata 86,33 dan secara indiviudal 30 siswa telah mecapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil belajar IPAS materi rantai makanan dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 55,66 menjadi 86,33.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa materi rantai makanan pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran di kelas V SD Negeri Oetona mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zamirah Atalia Atafani - Personal Name
|
Student ID |
2001140040
|
Dosen Pembimbing |
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Penguji 1 Maxsel Koro - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ata P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |