PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI RANTAI MAKANAN DI KELAS V SD NEGERI OETONA (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI RANTAI MAKANAN DI KELAS V SD NEGERI OETONA (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Rumusan masalah bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan di kelas V SD Negeri Oetona. Tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan di kelas V SD Negeri Oetona. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Oetona, hasil penelitian hasil belajar IPAS materi rantai makanan pada siklus I berada pada kategori belum mencapai ketuntasan, perlu mengulang pada beberapa bagian dengan nilai rata-rata 55,66 dan secara individual dari 30 siswa hanya 12 siswa 40% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sedangkan hasil belajar IPAS materi rantai makanan pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remidial dengan nilai rata-rata 86,33 dan secara indiviudal 30 siswa telah mecapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil belajar IPAS materi rantai makanan dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 55,66 menjadi 86,33.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa materi rantai makanan pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran di kelas V SD Negeri Oetona mengalami peningkatan.

Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Zamirah Atalia Atafani - Personal Name
Student ID
2001140040
Dosen Pembimbing
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Penguji 1
Maxsel Koro - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ata P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA