Skripsi
Analisis Persepsi Milenial & Gen-Z Kota Kupang Pada Brand Image Bank NTT Dalam Aktivitas Digital Public Relations (Analisis Resepsi Khalayak Pada Akun Instagram @bank_ntt)
XMLPenelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi milenial dan gen-Z pada brand image Bank NTT yang terbentuk implikasi digital public relations melalui media sosial Instagram dan bagaimana efektivitas digital public relations melalui pemanfaatan media sosial Instagram dalam membentuk brand image berdasarkan persepsi milenial dan gen-Z. Tujuannya untuk mengetahui persepsi milenial dan gen-Z pada brand image Bank NTT yang terbentuk berdasarkan digital public relations melalui media sosial Instagram dan bagaimana efektivitas digital public relations yang dijalankan berdasarkan persepsi yang terbentuk tersebut. Analisis berlandaskan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis resepsi khalayak oleh Stuart Hall. Teori yang digunakan dalam menganalisis penilaian informan sampai terbentuknya persepsi adalah teori penilaian sosial (social judgement theory) oleh Muzafer Sherif. Persepsi milenial dan gen z Kota Kupang pada brand image Bank NTT dalam aktivitas digital public relations berbeda-beda, namun adapula yang sama dan semuanya dilatarbelakangi preferensinya yang kemudian mempengaruhi posisi penerimaan. 2 informan berada pada posisi dominan sedangkan 4 lainnya berada pada posisi negosiasi. Keenam informan memiliki persepsi positif mengenai sajian konten yang aktif dan informatif yang berorientasi terhadap isi kontennya karena adanya kepuasan informasional yang diperoleh. Kekurangannya adalah masalah inovasi, kreatifitas, estetika dan interaksi pada akun @bank_ntt. Kesimpulannya persepsi informan pada brand image Bank NTT berdasarkan digital public relations melalui instagram adalah aktif dan informatif. Puncaknya diperoleh gambaran efektivitas digital public relation yang dijalankan. Yang pertama, Bank NTT sangat efektif dalam membangun kesan positif sebagai lembaga yang aktif dan informatif. Yang kedua, Bank NTT kurang efektif dalam menyajikan konten dan pemanfaatan fitur yang inovatif, kreatif, estetis dan interaktif melalui akun instagramnya. Secara akademis diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk kajian-kajian mendatang. Praktisnya terkait implementasi digital public relations oleh praktisi humas memperoleh khazanah pengetahuan tambahan dan gambaran terkait strategi digital public relations yang dijalankan melalui pemanfaatan sosial media dapat berimplikasi dalam pembentukan persepsi publik pada citra perusahaan.
Kata kunci: Persepsi, Milenial, Gen Z, Citra Merek, Bank NTT
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
REYZALDI JUAN VANSEN BAHY - Personal Name
|
Student ID |
1903050054
|
Dosen Pembimbing |
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 1
Roky K Ara - 199303102022031006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Ketua Penguji
Roky K Ara - 199303102022031006 - Penguji 1 I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 BAH A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |