Analisis Persepsi Milenial & Gen-Z Kota Kupang Pada Brand Image Bank NTT Dalam Aktivitas Digital Public Relations (Analisis Resepsi Khalayak Pada Akun Instagram @bank_ntt)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Persepsi Milenial & Gen-Z Kota Kupang Pada Brand Image Bank NTT Dalam Aktivitas Digital Public Relations (Analisis Resepsi Khalayak Pada Akun Instagram @bank_ntt)

XML

Penelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi milenial dan gen-Z pada brand image Bank NTT yang terbentuk implikasi digital public relations melalui media sosial Instagram dan bagaimana efektivitas digital public relations melalui pemanfaatan media sosial Instagram dalam membentuk brand image berdasarkan persepsi milenial dan gen-Z. Tujuannya untuk mengetahui persepsi milenial dan gen-Z pada brand image Bank NTT yang terbentuk berdasarkan digital public relations melalui media sosial Instagram dan bagaimana efektivitas digital public relations yang dijalankan berdasarkan persepsi yang terbentuk tersebut. Analisis berlandaskan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis resepsi khalayak oleh Stuart Hall. Teori yang digunakan dalam menganalisis penilaian informan sampai terbentuknya persepsi adalah teori penilaian sosial (social judgement theory) oleh Muzafer Sherif. Persepsi milenial dan gen z Kota Kupang pada brand image Bank NTT dalam aktivitas digital public relations berbeda-beda, namun adapula yang sama dan semuanya dilatarbelakangi preferensinya yang kemudian mempengaruhi posisi penerimaan. 2 informan berada pada posisi dominan sedangkan 4 lainnya berada pada posisi negosiasi. Keenam informan memiliki persepsi positif mengenai sajian konten yang aktif dan informatif yang berorientasi terhadap isi kontennya karena adanya kepuasan informasional yang diperoleh. Kekurangannya adalah masalah inovasi, kreatifitas, estetika dan interaksi pada akun @bank_ntt. Kesimpulannya persepsi informan pada brand image Bank NTT berdasarkan digital public relations melalui instagram adalah aktif dan informatif. Puncaknya diperoleh gambaran efektivitas digital public relation yang dijalankan. Yang pertama, Bank NTT sangat efektif dalam membangun kesan positif sebagai lembaga yang aktif dan informatif. Yang kedua, Bank NTT kurang efektif dalam menyajikan konten dan pemanfaatan fitur yang inovatif, kreatif, estetis dan interaktif melalui akun instagramnya. Secara akademis diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk kajian-kajian mendatang. Praktisnya terkait implementasi digital public relations oleh praktisi humas memperoleh khazanah pengetahuan tambahan dan gambaran terkait strategi digital public relations yang dijalankan melalui pemanfaatan sosial media dapat berimplikasi dalam pembentukan persepsi publik pada citra perusahaan.

Kata kunci: Persepsi, Milenial, Gen Z, Citra Merek, Bank NTT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903050054
Dosen Pembimbing
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 1
Roky K Ara - 199303102022031006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Ketua Penguji
Roky K Ara - 199303102022031006 - Penguji 1
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 BAH A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA