Analisis Risiko Usahatani Padi Sawah Di Kelurahan Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Dahulu Rasa)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Risiko Usahatani Padi Sawah Di Kelurahan Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Dahulu Rasa)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) tingkat risiko terhadap produksi, risiko harga dan risiko pendapatan yang dihadapi petani padi sawah di Kelurahan Tarus, 2) persepsi petani padi sawah terhadap komponen-komponen risiko usahatani padi di Kelurahan Tarus, 3) strategi petani dalam menghadapi risiko usahatani padi sawah di Kelurahan Tarus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Responden dalam studi ini adalah semua petani padi sawah di Kelompok Tani Dahulu Rasa yang berjumlah 40 orang. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan petani responden dengan menggunakan kuisioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi atau lembaga terkait dalam penelitian ini. Alat analisis data yang dipakai dengan penelitian ini terdiri dari; 1) analisis deskriptif, 2) analisis kuantitatif menggunakan koefisien variasi, 3) skala likert untuk mengukur persepsi petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) risiko yang dihadapi petani padi di Kelurahan Tarus adalah bencana kekeringan, harga padi fluktuatif (berubah-ubah), harga input yang mahal(pupuk, pestisida, obat, bibit, dll), gangguan organisme pengganggu tanaman, (2) hasil analisis menyatakan risiko harga tergolong rendah dengan tingkat produksi 0,36, risiko produksi tergolong rendah dengan tingkat produksi 0,23, dan risiko pendapatan juga tegolong rendah dengan tingkat produksi 0,30. Maka dinyatakan, KV<1 maka Ho diterima dan Ha ditolak, (3) petani menganggap persepsi terhadap komponen-komponen risiko buruk dikarenakan berbagai faktor yaitu seperti hama dan penyakit, perubahan cuaca, harga padi fluktuatif (berubah-ubah) mempengaruhi petani dalam berusahatani padi, harga input yang mahal. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (4) strategi yang dilakukan petani dengan melihat permasalahan lalu menetapkan strategi untuk menghadapi risiko yang akan datang pada saat sebelum tanam, dalam masa tanam, dan setelah tanam.

Kata kunci : Usahatani padi, Risiko, Produksi, Harga, Pendapatan


Detail Information

Item Type
Penulis
Emilinda Oktaviana Tonga - Personal Name
Student ID
1704020242
Dosen Pembimbing
MAX JUNUS KAPA - 196406201990091001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS UN - 19621231198803101 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Max Junus Kapa - 196406201990091001 - Ketua Penguji
Paulus Un - 19621231198803101 - Penguji 1
MARTEN R. PELOKILA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 TON A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA