PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS IV SD INPRES OEBA 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS IV SD INPRES OEBA 1 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Benedikta Flora Humau (1901140150), PGSD 2024, dengan judul " Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Panas dan Perpindahannya Di Kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kota Kupang " dalam pembelajaran tentang Sumber Energi Panas dan Perpindahannya Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Panas dan Perpindahannya melalui Problem Solving di Kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kota Kupang, Kecamatan Kota Lama. Dengan tujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang panas dan perpindahannya melalui model Problem solving di kelas IV SDI Oeba 1 kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahap sebagai berikut Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/Tes dan Refleksi, dengan siswa yang berjumlah 17 orang dengan rincian 7 siswa dan 10 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oeba 1 Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus 1 terdapat 10 siswa (58%) tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik dan beberapa orang yang tuntas karena aktif dalam kelompok membantu menjelaskan kepada teman yang belum memahami, berani maju dan menyampaikan hasil diskusi kelompok. Selain itu 7 siswa (41%) yang tidak tuntas dengan alasan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif dalam diskusi kelompok serta tidak berani mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Hasil pada siklus 1 kemudian meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II yang menunjukan presentase ketuntasan 100% atau 17 siswa tuntas karena siswa sudah mampu aktif dalam diskusi kelompok, siswa mampu memahami penjelasan guru dengan baik, siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan siswa mampu menemukan solusi dan memecahkan masalah dengan tepat kekurangan pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Solving tentang sumber energi panas dan perpindahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kota Kupang.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran, Model Problem Solving.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Benedikta Flora Humau - Personal Name
Student ID
1901140150
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hum P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA