Skripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGINOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 RUTENG ANAM
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika kelas X SMA Negeri Ruteng 1 Anam khususnya pada materi trigonometri masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ruteng Anam pada materi trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes sedangkan analisis datanya secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus 1 adalah 94,88 meningkat menjadi 99,33 pada siklus II, dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 91,31 meningkat menjadi 100 pada siklus II, serta hasil belajar siswa pada siklus I adalah 44% meningkat menjadi 82,35% pada siklus II,. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ruteng Anam pada materi trigonometri.
Kata kunci: GeoGebra, hasil belajar, kooperatif tipe STAD, trigonometri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA FRIDOLIN BURGA - Personal Name
|
Student ID |
2001030043
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska Atrik Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Fransiska Atrik Halim - 199604022022032017 - Penguji 1 Dr. Ch. Krisnandari Ekowati, M.Si - 19640917 199003 2 001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Bur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |