PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 januari dan 18 januari 2024 di SMP N 11 KUPANG.
Penelitian ini adalah penelitan eksperimen semu yang terdiri dari satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sedangkan di kelas kontrol digunakan metode ceramah. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS V’25 untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel penelitian terdapat pada 2 rombel yaitu kelas VIII D dan E dengan jumlah 44 siswa dengan 1 rombel sebanyak 22 siswa.Instrumen pengumpulan data menggunakan LKPD dan alat evaluasi yaitu Posttes dan pretest yang digunakan untuk mengukur dan menilai hasil belajar siswa.Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode uji hipotesis, dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan Discovery Learning mencapai nilai rata-rata posttest sebesar 85,45, sedangkan kelas kontrol yang menerapkan metode ceramah mencapai nilai rata-rata posttest sebesar 71,81. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,001, lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan metode konvensional pada materi sistem pernapasan kelas VIII.

Kata Kunci : Model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701040132
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 LEB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA