Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SINT CAROLUS KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA Sint Carolus Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, pengumpulan data menggunakan tes/soal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa terdiri dari Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Kelas XI IPS 1 sebagai Kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Kelas XI IPS 2 sebagai Kelas Kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan hasil uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata postest Kelas eksperimen sebesar 82,97 dan nilai rata-rata postest Kelas kontrol sebesar 72,34 juga diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0.00 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discoverry Learning, dengan siswa Kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FRENGKI S. E LILO - Personal Name
|
Student ID |
1801080026
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Ketua Penguji
Erika F. Br Simanungkalit - - Penguji 1 MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |