Konflik Sosial Perebutan Tanah Ulayat (Studi Pada Masyarakat Desa Watu Asa Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah)

Detail Cantuman

Skripsi

Konflik Sosial Perebutan Tanah Ulayat (Studi Pada Masyarakat Desa Watu Asa Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah)

XML

Penelitian ini tentang Konflik Sosial Perebutan Tanah Ulayat (Studi Pada Masyarakat Desa Watu Asa, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah). Tujuan penelitian ini ingin menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana konflik sosial perebutan tanah ulayatpada masyarakat Desa Watu Asa. Teori yang digunakan adalah teori konflik Ralf Dahrendorf. Metode kualitatif deskriftif,Teknik pengumpulan datamenggunakan porposive sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konflik sosial perebutan tanah ulayat yang terjadi di Desa Watu Asa karena adanya penghibaan atau pengukuran tanah yang dilakukan oleh salah satu masyarakat Desa Watu Asa bersama Pemerintah Kecamatan Mamaboro dan Pemerintah Desa Watu Asa yang menjabat saat itu. Pengukuran tanah tersebut tanpa adanya kesepakatan dari pemilik tanah masyarakat setempat sehingga kemudia timbulah protes kepada penghibah dan pemerintah karena pengukuran yang dilakukan sifatnya sepihak tanpa persetujuan pemilik tanah. Dari situlah konflik ini mulai meluas sejak tahun 2016 sampai sekarang tahun 2024 belom juga ada titik temu baik yang bersifat ganti rugi maupun kepastian hukum yang didapatkan oleh masyarakat setempat.
Tahap penyelesaian konflik yang digunakan adalah jalur mediasi dan jalur hukum. Melalui jalur mediasi di Desa Watu Asa sudah tidak mampan lagi akhirnya masyarakat menempuh jalur hukum untuk mendapatkan keadilan yang sebenarnya. Konflik ini juga berdampak dalam kehidupan masyarakat bukan saja hanya dampak positif melaikan tetapi juga dampak negatif. Dampak positif yaitu bertambahnya solidaritan in-group, dan membuat banyak pihak menyadari ada banyak masalah. Sedangkan dampak negatif yaitu, membawa dampak pisikologis, hubungan interaksi dan komunikasih tergangu.

Kata Kunci : Konflik Tanah, Cara Penyelesaian, Dampak, Dan Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BONEFASIUS U.D. GALIMARA - Personal Name
Student ID
1903040102
Dosen Pembimbing
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Dosen Pembimbing 1
ROWULAND BENYAMIN - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Ketua Penguji
Rouwland A. Benyamin - 198108012023211006 - Penguji 1
YOHANES FISHER KEON - 0822068501 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 GAL K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA