Persepsi Netizen Terhadap Budaya Berpakaian Ala Anime One Piece Di Media Sosial Instagram (Studi Netnografi Pada Media Sosial Instagram @Shaffara)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Netizen Terhadap Budaya Berpakaian Ala Anime One Piece Di Media Sosial Instagram (Studi Netnografi Pada Media Sosial Instagram @Shaffara)

XML

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi netizen terhadap budaya berpakaian ala anime atau cosplay di media sosial instagram dengan menggunakan Analisis Media Siber. Terdapat empat level analisis dalam metode analisis media siber, yakni level ruang media, level dokumen media, level objek media dan level pengalaman. Dari hasil penelitian penulis, dibagi berdasarkan level analisis yang ada dalam analisis media siber, Pertama, pada level ruang media, Shaffara menggunakan media sosial Instagram sebagai sebuah media untuk menyalurkan dan mempublikasikan hobinya sebagai seorang cosplayer. Dengan jumlah pengikut yang bertambah seiring dengan berjalannya waktu, Shaffara mempertahankan konsistensinya dengan konten-konten cosplay, baik yang diunggah dalam format foto ataupun video. Kedua, level dokumen media, mayoritas konten yang Shaffara miliki dalam akun instagramnya adalah konten-kontenn saat Shaffara sedang melakukan kegiatan cosplay baik yang diunggah dalam format video ataupun foto. Ia juga terkadang melakukan request atau permintaan dari followersnya untuk berdandan sesuai karakter yang diminta oleh pengikutnya. Ketiga, pada level objek media, persepsi atau tanggapan yang ditinggalkan oleh netizen dalam kolom komentar unggahan Shaffara didominasi oleh persepsi yang positif, seperti komentar yang berbentuk dukungan, kagum, apresiasi terhadap Shaffara dan unggahan Shaffara saat sedang melakukan cosplay.. Keempat, pada level Pengalaman, peneliti melakukan wawancara dengan Netizen untuk mengetahui motif dibalik komentar yang mereka tinggalkan dalam unggahan Shaffara. Beberapa netizen memberikan tanggapan yang sama, bahwa budaya berpakaian ala anime atau Cosplay merupakan sebuah kegiatan yang menarik bagi sebagian orang, namun tidak bagi sebagian orang lainnya, hal tersebut tergantung pada selera yang dimiliki masing-masing netizen.

Kata Kunci: Persepsi, Netizen, Shaffara, Cosplay, Instagram


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903050049
Dosen Pembimbing
MARSELUS ROBOT - 196106011990031001 - Dosen Pembimbing 1
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marselus Robot - 196106011990031001 - Ketua Penguji
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 HOS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA