ANALISIS KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (KELAS TINGGI) DI GUGUS XVIII KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Tesis

ANALISIS KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (KELAS TINGGI) DI GUGUS XVIII KOTA KUPANG

XML

mendeskripsikan kompetensi kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa di SD gugus XVIII Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepala sekolah, khususnya kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar (kelas tinggi) gugus XVIII Kota Kupang. Metode penelitian yakni penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi secara mendalam kepada para informannya langsung yaitu kepala sekolah di SD gugus XVIII Kota Kupang, dan dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa dan penilaian kinerja kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kompetensi manajerial telah terlaksana dengan baik yaitu dengan dibuktikan kepala sekolah bersama para guru menyusun program tahunan, yaitu rencana pembelajaran selama satu semester ke depan, melaksanakan monitoring dan evaluasi program akademik dan non akademik yang dilakukan secara terjadwal dan rutin. Selain itu, kepala sekolah dalam menyusun struktur organisasi sekolah bersama-sama dengan komite sekolah, dewan guru memilih dan menetapkan posisi dan jabatan berdasarkan keahlian dan kompetensi yang dimilikinya. Selanjutnya pemeriksaan kelengkapan administrasi proses belajar mengajar dilaksanakan setiap awal semester yang meliputi prota, prosem, silabus, dan perangkat pembelajaran (RPP/Modul Ajar). Kemudian kepala sekolah menghimbau untuk semua pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti seminar, workshop, webinar secara online maupun offline yang kedepannya akan berguna bagi dirinya dan siswa. Beberapa temuan juga ditemukan dalam kompetensi manajerial, yang kurang terlaksana dengan baik yaitu admnistrasi persuratan belum terarsipkan dengan baik, disebabkan karena pengarsipan yang kurang terupdate datanya oleh tenaga tata usaha. (2) pelaksanaan kompetensi supervisi, telah terlaksana dengan baik yaitu dengan menyusun program supervisi yaitu penyusunan perangkat pembelajaran analisis hasil belajar yang melibatkan tim penyusun program, melaksanakan supervisi juga diadakan sesuai jadwal 2 kali setahun setiap awal semester, dan hasil dari evaluasi dimanfaatkan untuk refleksi dan perbaikan ke depannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepala sekolah yaitu kompetensi manajerial dan supervisi telah berjalan dengan baik yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa di SD gugus XVIII Kota Kupang sudah melewati KKM, yaitu nilai rata-rata di atas 75.


Kata Kunci: Kompetensi, Kepala Sekolah, Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
FREDRIK HENDRIK THOME - Personal Name
Student ID
2211060002
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Hotlif A. Nope - 19771124 200501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87120
Edisi
Published
Departement
Pendidikan IPS
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
871.20 Rik A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA