Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Pembuatan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Catan Sipil Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Pembuatan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Catan Sipil Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Patologi birokrasi menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik di Indonesia yang masih dirasakan masyarakat atas perlakuan yang diterima dari aparatur pemerintah. Patologi birokrasi sudah menggrogoti berbagai aspek pelayanan publik termasuk pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk patologi birokrasi dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan patologi birokrasi terjadi da;lam pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Dan metode penelitian yang digunakan melalaui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi apara dinas kependukan dan catatan sipil, dan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa patologi birokrasi yang terjadi di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur adalah adalah masih adanya penyalagunaan wewenang (mal administrasi), menerima sogok, nepotisme, produktivitas yang rendah, waktu yang cukup lama, kulitas pelayanan yang belum baik; korupsi, rendahnya responsivitas yang dilakukan oleh pegawai dalam memberikan pelayanan, dan kondisi kerja yang kurang memadai. Hal ini di sebabkan oleh fakto-faktor yakni lemahnya faktor moral, lemahnya pegawasan (pengawasan melekat), anasir tradisional (nepotisme).
Berdasarkan hasil penelitian di temukan beberapa bentuk patologi birokrasi yang masih terjadi di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur yakni penyalagunaan wewenang, menerima sogok, nepotisme, produktivitas yang rendah, waktu yang cukup lama, kulitas pelayanan yang belum baik; korupsi, rendahnya responsivitas yang dilakukan oleh pegawai dalam memberikan pelayanan, dan kondisi kerja yang kurang memadai. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor yakni: lemahnya faktor moral; lemahnya pengawasan (pengawasan melekat); anasir tradisional (nepotisme).


Detail Information

Item Type
Penulis
Dominikus Rajuneta - Personal Name
Student ID
1603010120
Dosen Pembimbing
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS ND L T RATOEBANDJOE - 195711241988031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Paulus Nd L T Ratoebandjoe - 195711241988031001 - Penguji 1
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
administrasi negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Raj P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA