PENERAPAN METODE SAS DENGAN MEDIA KARTU KATA PELANGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN OEBOBO 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE SAS DENGAN MEDIA KARTU KATA PELANGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN OEBOBO 1 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I SD Negeri
Oebobo 1 Kota Kupang. Dengan subjek penelitian 20 orang siswa, dengan rincian 14 laki-laki dan 6 perempuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Oebobo 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 subjek penelitian 13 orang yang tuntas dengan presentase 65%, tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, siswa aktif dalam pembelajaran, mampu bekerjasama dalam kelompok, sehingga hasil tes meningkat dengan baik, guru juga telah menjelaskan materi sesuai isinya, membimbing siswa yang masih kesulitan dalam membedakan huruf, membaca suku kata,kata maupun kalimat, serta menjelaskan langkah-langkah dalam pembelajaran membaca dengan metode SAS dengan baik dan benar, sedangakan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase ketuntasan 35% karena kurang memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 20 orang siswa, 17 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 85% dimana 15 orang siswa memperoleh nilai rata-rata 75% dengan kategori baik sekali, 2 orang siswa dengan nilai rata-rata 10% pada kategori baik, Sedangkan 3 orangsiswa yang tidak tuntas dengan presentase 15%, tidak tuntas dikarenakan siswa kurang memperhatian penjelasan guru dengan baik dan tidak aktif saat pembelajaran, sehingga hasil tes rendah.

Kata kunci: Membaca permulaan, metode struktur analitik sintetik (SAS)


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Afdyana Baitanu - Personal Name
Student ID
1901140295
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA