PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS IV SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS IV SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pola Hidup Bergotong Royong Pada Siswa kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yakni observasi pada aktivitas guru dan siswa, serta test hasil belajar dengan subjek 26 orang dengan rincian 15 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Dengan hasil analisis, data diperoleh bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 59,3% berada pada (kategori kurang), dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,5% (katagori baik sekali). Sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53,57% berada pada (katagori kurang), dan pada siklus II meningkat sebesar 89,28% dan berada pada (katagori baik sekali). Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% (katagori cukup) belum mencapai standar ketuntasan karena pada siklus I ada beberapa siswa yang terlihat aktif dalam berdiskusi dan mau mengikuti pembelajaran dengan antusias tetapi ada beberapa siswa yang belum aktif saat pembelajaran berlangsung. Beberapa siswa sibuk dengan dunianya sendiri, adapula yang membuat kelas menjadi ribut, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ajar, saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung diam, ketika ditanya oleh guru mereka tidak dapat menjawab. Sehingga mengalami perbaikan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 92% berada pada (katagori baik sekali) yang dilihat dengan adanya antusias siswa saat menerima pelajaran, saat berdiskusi dalam kelompok untuk memecahkan masalah bersama-sama dengan menggunakan model Problem Based Learning. Terlihat mereka sangan senang dan saling membantu serta bertukar pikiran dalam sama-sama memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar Pola Hidup Bergotong Royong pada siswa kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang sudah tercapai.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Vinsensia Dai Gama - Personal Name
Student ID
2001140113
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ama P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA