PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN NEFOSAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN NEFOSAKA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Nefoska dengan media benda konkret pada materi bangun datar persegi dan persegi
panjang dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas IV SD Negeri Nefosaka. Dengan subjek penelitian 14 orang siswa, dengan rincian 11 aki-laki dan 3 perempuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nefosaka dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 14 subjek penelitian 7 orang yang tuntas dengan presentase 50%, tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, siswa aktif dalam pembelajaran, mampu bekerjasama dalam kelompok, guru menjelaskan materi luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang, menjelaskan langkah-langkah dalam pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret. sesuai sedangakan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase ketuntasan 50% karena kurang memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam pembelajaran, dan tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 14 orang siswa, 11 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 78,57% Sedangkan 3 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase 50%, tidak tuntas dikarenakan siswa kurang memperhatian penjelasan guru dengan baik dan tidak aktif
saat pembelajaran, sehingga hasil tes rendah.

Kata kunci: Discovery Learning, Hasil belajar Persegi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marlina Memen - Personal Name
Student ID
1901140130
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mem P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA