Manajemen Perpustakaan

Detail Cantuman

Skripsi

Manajemen Perpustakaan

XML

Skripsi oleh Scolastika Vinsensia Nome, Nim.2001140102 Skripsi berjudul “Penggunaan Media Kartu Huruf Pelangi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kota Kupang”. Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana pengaruh media kartu huruf pelangi untuk meningkatkan kamampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kota Kupang? Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri Oesapa Kecil 2 dengan menggunakan bantuan media kartu huruf. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yakni observasi pada aktivitas guru dan siswa, serta test hasil belajar dengan subjek 25 orang dengan rincian 14 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Dengan hasil analisis, data diperoleh bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 57,5% berada pada (cukup), dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80% (kategori sangat baik ). Sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,3% berada pada (katagori cukup), dan pada siklus II meningkat sebesar 83,3% dan berada pada (katagori sangat baik). Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Untuk hasil kemampuan membaca permulaan pada pra-siklus yang di peroleh peneliti terdapat 6 orang peserta didik dengan persentase 24% tuntas dan sebanyak 19 orang peserta didik dengan persentase 76% tidak tuntas, sehingga peneliti perlu melakukan pemberian tindakan dan memperoleh hasil pada siklus I sebanyak 15 orang peserta didik dengan persentase 60% tuntas karena dapat mengenal dan mengucapkan huruf, merangkai huruf menjadi suku kata dan mengeja suku kata menjadi kata, sedangkan terdapat 10 orang peserta didik dengan persentase 40% belum mencapai standar ketuntasan karena pada siklus I ada beberapa peserta didik yang terlihat aktif dan mau mengikuti pembelajaran dengan antusias tetapi ada beberapa peserta didik yang belum aktif saat pembelajaran berlangsung. Beberapa peserta didik sibuk dengan dunianya sendiri, adapula yang membuat kelas menjadi ribut, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi ajar, saat pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung diam, ketika ditanya oleh guru mereka tidak dapat menjawab. Sehingga mengalami perbaikan pada siklus II dan mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 orang peserta didik nilai rata-rata 80,3 dengan persentase sebesar 88% berada pada (katagori baik sekali) yang dilihat dengan adanya antusias peserta didik saat menerima pelajaran. Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf pelangi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140102
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06.Ome P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA