UPAYA ADAPTASI PENDUDUK BERTAHAN TINGGAL DI KAWASAN RAWAN BANJIR DESA BENA KECAMATAN AMANUBAN SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN.

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA ADAPTASI PENDUDUK BERTAHAN TINGGAL DI KAWASAN RAWAN BANJIR DESA BENA KECAMATAN AMANUBAN SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN.

XML

Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang pada musim hujan sering mengalami banjir seperti yang terjadi di Kecamatan Amanuban Selatan khususnya di Desa Bena. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bentuk upaya adaptasi penduduk bertahan tinggal di kawasan rawan banjir desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan; (2) Untuk menganalisis tingkat kerawanan bencana banjir di Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis deskriptif bertujuan menjawab atas pertanyaan-pertanyaan tentang siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana keterkaitan dengan penelitian tertentu. Penelitian deskriptif digunakan untuk memperoleh informasi mengenai variabel atau kondisi suatu situasi. Informan dalam penelitian ini adalah benar-benar masyarakat korban bencana banjir di Desa Bena Kecamatan Amanuban Selatan, Kebupaten Timor Tengah Selatan. Sumber Data Terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis Data yang di gunakan yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil Penelitian: (1) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya adaptasi penduduk bertahan tinggal di kawasan rawan bencana banjir Desa Bena terbagi dalam 2 bentuk upaya adaptasi yaitu upaya adaptasi aktif dan upaya adaptasi pasif; (2) Berdasarkan enam parameter yaitu jenis tanah, ketinggian elevasi/tempat, kemiringan lereng, penggunaan lahan, curah hujan, dan kerapatan sungai wilayah Desa Bena mempunyai tiga zona tingkat kerawanan banjir, yaitu zona tidak rawan, zona cukup rawan dan zona sedang/rawan banjir.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WELMI TON - Personal Name
Student ID
1901100005
Dosen Pembimbing
Drs. Mikael Samin, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar, S.Pd.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Mikael Samin, M.Si. - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar, S.Pd.,M.Pd - - Penguji 1
Agustinus Hale Manek, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Ton. U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA