Skripsi
Persepsi Remaja Mengenai Pola Asuh Orang Tua Yang Didasari Dan Tidak Didasari Oleh Jargon “Di Ujung Rotan Ada Emas” Di Kota Kupang
XMLDi Ujung Rotan Ada Emas adalah sebuah jargon atau pepatah lama yang digunakan oleh orang tua di Kota Kupang untuk mengasuh serta mendidik anaknya. Jargon ini mencerminkan kebudayaan mendisiplinkan anak menggunakan hukuman fisik dengan anggapan bahwa anak akan menjadi pribadi yang tegas, kuat, tangguh, mandiri, penurut, dan sukses di masa depan. Anggapan ini timbul dari keyakinan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi remaja terhadap pola asuh orang tua di Kupang yang didasari dan tidak didasari oleh jargon Di Ujung Rotan Ada Emas. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan videovoice. Penelitian ini mengambil persepsi dari remaja yang menerima pengasuhan dengan jargon dan tanpa jargon yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria remaja berusia 15-24 tahun serta berdomisili di Kota Kupang. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik dan menemukan tiga tema utama yang berkaitan dengan persepsi remaja sebagai partisipan dalam penelitian ini, yaitu Di Ujung Rotan Ada Emas, dampak bagi remaja dan memulai hidup baru.
Kata Kunci: Persepsi Remaja, Pola Asuh Orang Tua, Di Ujung Rotan Ada Emas, Videovoice
Daftar Pustaka: 91 (2004-2023)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Amelia Twinny Marlinda Higa Huki - Personal Name
|
Student ID |
1907020008
|
Dosen Pembimbing |
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 1
DIAN LESTARI ANAKAKA - 198509042015042004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Ketua Penguji
Dian Lestari Anakaka - 198509042015042004 - Penguji 1 Mariana Dinah Ch Lerik - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
73201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Psikologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
732.01 Huk P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |