PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG ORGAN PERNAPASAN DI SD NEGERI MANEFU KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG ORGAN PERNAPASAN DI SD NEGERI MANEFU KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Catherina Carolina Baitanu NIM 1701140191 dengan judul “ Penggunaan Model Kooperatif tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tentang Organ Pernapasan di SD Negeri Manefu”. Masalah penelitian ini yakni Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang organ pernapasan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di kelas V SD Manefu?. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat tahap pemecahan masalah yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tentang Organ Pernapasan di SD Manefu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, teknik observasi dan tes untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus tes dan hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data-data dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kriteria ketuntasan. Penelitian ini di adakan di SD Negeri Manefu Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 10 orang yang tuntas dalam pembelajaran 5 orang siswa (50%). Siswa dikatakan tuntas karna ketika pembelajaran berlangsung siswa mendengar penjelasan guru dengan baik, mau bekerja sama dalam kelompok, tidak mengganggu teman, mau melaporkan hasil diskusi, dan mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan 5 orang siswa (50%) tidak tuntas karena siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dengan baik, tidak mau bekerja sama dalam kelompok, mengganggu teman, tidak mau melaporkan hasil diskusi, dan tidak mengerjakan soal tes. Selanjutnya dari siklus II dari 10 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 10 (100%) siswa dikatakan tuntas karna guru dapat membimbing kekurangan-kekurangan siswa saat pembelajaran dan siswa lebih aktif dalam mengerjakan tugas secara individu maupun kelompok. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada materi organ pernapasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran bersiklus, ada perubahan yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri Manefu Kabupaten Kupang.
Kata Kunci : Model pembelajaran Make A Match, organ pernapasan, hasil belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1701140191
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA