PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SDI NAMOSAIN KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SDI NAMOSAIN KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini berlokasi di SDI Namosain Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 13 orang siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 59,09% karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu mendengarkan penjelasan guru, berdiskusi dengan baik dalam kelompok, menjelaskan hasil diskusi dengan baik kepada kelompok awal dan menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 9 orang siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 40,91% karena belum mencapai kriteria ketuntasan yaitu belum mendengarkan penjelasan guru dengan baik, guru kurang optimal dalam membimbing siswa berdiskusi, guru kurang optimal mengawasi siswa saat menjelaskan materi ahli kepada anggota kelompok awal, siswa masih pasif dalam berdiskusi, beberapa siswa belum mampu membaca dengan baik serta siswa
belum menyelesaikan soal tes dengan benar. Hasil observasi siswa sebesar 63,14 dan hasil observasi guru sebesar 72,7. Pada siklus II sebanyak 20 orang siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 90,91% karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu mendengarkan penjelasan guru, berdiskusi dengan baik dalam kelompok, menjelaskan hasil diskusi dengan baik kepada kelompok awal dan menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 2 orang tidak tuntas karna siswa belum mampu membaca dengan baik, kurang mendengarkan penjelasan guru, pasif dalam berdiskusi serta belum menyelesaikan soal tes dengan benar. hasil observasi siswa sebesar 78,90 hasil observasi guru sebesar 95,4. Dengan demikian 2 orang ini akan diberikan pembelajaran pengayaan atau tambahan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDI Namosain Kota Kupang.

Kata Kunci : Kooperatif Tipe jigsaw, Indonesiaku Kaya Budaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Nanda Talita Chelzia Suy - Personal Name
Student ID
1801140038
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Suy P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA