Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Memahami Pola Hidup Bergotong Royong Di Kelas Iv Sd Inpres Oepura 1

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Memahami Pola Hidup Bergotong Royong Di Kelas Iv Sd Inpres Oepura 1

XML

Skripsi oleh Irmina Welin Lamatapo NIM 2001140073 ini berjudul “Penerapan Model Projcet Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pesrta Didik Dalam Memahami Pola Hidup Gotong Royong Di Kelas IV SD Inpres Oepura I”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pesrta Didik Dalam Memahami Pola Hidup Gotong Royong Di Kelas IV SD Inpres Oepura I?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang pola hidup gotong royong dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada kelas IV SD Inpres Oepura 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refelksi dengan lokasi penelitian di SD Inpres Oepura 1. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes, data yang telah dikumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik tantang pola hidup gotong royong menggunakan model project based learning, dimana siklus I ketuntasan yang diperoleh hanya 28% atau 7 peserta didik yang mencapai ketuntasan, sedangkan 72% atau 18 peserta didik yang belum mencapai KKTP. Namun pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96% dengan rata-ratanya 87,6. Hal ini berarti bahwa, penerapan model project based learning dalam pembelajaran tentang pola hidup gotong royong dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres I Oepura.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Irmina Welin Lamatapo - Personal Name
Student ID
2001140073
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Martha Kristin Kota - 990000 7842 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Martha Kristin Kota - 990000 7842 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : kupang,.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lamatapo P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA