Persepsi Mahasiswa Terhadap Peraturan Rektor Universitas Nusa Cendana Nomor 5/PP/2022 Bab VII Pasal 54-55 Tentang Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Mahasiswa Terhadap Peraturan Rektor Universitas Nusa Cendana Nomor 5/PP/2022 Bab VII Pasal 54-55 Tentang Kemampuan Berbahasa Inggris (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap Peraturan Rektor Universitas Nusa Cendana Nomor 5/PP/2022, Bab VII, Pasal 54-55 tentang kemampuan berbahasa Inggris (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Bahasa Inggris merupakan kunci penting di era globalisasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun bahasa Inggris diajarkan di semua tingkat pendidikan di Indonesia, kemampuan siswa Indonesia dalam berbahasa Inggris masih rendah. Penelitian ini mengkaji kebijakan pendidikan, seperti yang diterapkan di Universitas Nusa Cendana (Undana), yang mensyaratkan sertifikat TOEFL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui wawancara langsung. Responden penelitian ini adalah mahasiswa FISIP-UNDANA semester 10, 12, dan 14. Sebanyak 91 responden termasuk dalam sampel. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data utama yaitu penyebaran kuesioner dan wawancara, dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur pendapat responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menunjukkan kesadaran yang tinggi terhadap kewajiban tes TOEFL, pemahaman yang memadai terhadap konsekuensi dari kebijakan tersebut, dan dukungan terhadap tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Meskipun mayoritas mahasiswa menunjukkan kesediaan untuk mematuhi kebijakan tersebut, terdapat ketidakjelasan mengenai pemahaman mereka terhadap informasi tes TOEFL dari Undana. Rata-rata skor Likert untuk semua pernyataan yang terkait dengan kebijakan tes TOEFL adalah 3,18 (63,3%), yang menunjukkan sikap yang secara umum menyenangkan di kalangan mahasiswa terhadap kebijakan tersebut. Namun, ada kekhawatiran yang signifikan mengenai ketersediaan informasi yang memadai dan kesiapan untuk tes. Selain itu, mayoritas responden menekankan perlunya penyediaan fasilitas yang lebih baik untuk pembelajaran bahasa Inggris di kampus. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa sangat setuju bahwa Undana perlu meningkatkan fasilitas pembelajaran bahasa Inggris. Namun, ada ketidaksetujuan yang kuat terhadap kewajiban untuk mengikuti tes TOEFL sebagai persyaratan untuk ujian akhir atau skripsi. Lebih lanjut, mayoritas menyatakan ketidaksetujuannya terhadap efektivitas pelaksanaan kebijakan Rektor mengenai tes TOEFL, yang mengindikasikan perlunya upaya komunikasi yang lebih efektif dan peningkatan pemahaman dan kepercayaan terhadap kebijakan yang ada. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa di FISIP Undana mendukung kebijakan tes TOEFL sebagai syarat ujian akhir atau skripsi. Namun, ada kekhawatiran mengenai ketersediaan informasi yang memadai dan kesiapan untuk menghadapi tes. Diperlukan upaya lebih lanjut untuk memastikan pemahaman dan dukungan mahasiswa terhadap pelaksanaan kebijakan ini, serta penyediaan fasilitas yang memadai untuk pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan kampus.

Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Kemampuan Bahasa Inggris, Peraturan Rektor


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hizkia Renold Mega - Personal Name
Student ID
1703010054
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Meg P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA