PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN VERSUS CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI KAKULUK MESAK

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN VERSUS CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI KAKULUK MESAK

XML

Bergita Pemba, Nim 2001090007, 2024 menulis skripsi ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Kartu Arisan Versus Ceramah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Peserta Didik SMK Negeri Kakuluk Mesak. Dibimbing oleh Dr. Djakariah, M.Pd sebagai pembimbing satu dan Susilo Setyo Utomo, S.Pd, M.,Pd sebagai pembimbing dua. Masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang di ajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Versus Cermah Pada Peserta Didik SMK Negeri Kakuluk Mesak? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar sejarah yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Versus Cermah Pada Peserta Didik SMK Negeri Kakuluk Mesak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelompok Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dan Kelompok Kontrol menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Agrobisnis Perikanan Air Tawar SMK Negeri Kakuluk Mesak yang di bagi dalam dua kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hopotesis yang digunakan adalah H_O = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMK Negeri Kakuluk Mesak dan H_a = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMK Negeri Kakuluk Mesak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa SMK Negeri Kakuluk Mesak antara yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dan metode Ceramah. Perbedaan itu dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan 92,33 lebih besar dari hasil belajar yang diajarkan dengan metode Ceramah sebesar 76,67. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMK Negeri Kakuluk Mesak .

Kata Kunci : Pengaruh, Model, Kartu Arisan, Ceramah, Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BERGITA PEMBA - Personal Name
Student ID
2001090007
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Pem. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA