PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBENTUKAN PLANET BUMI DI KELAS X IPS SMA SWASTA ADVENT NUSRA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBENTUKAN PLANET BUMI DI KELAS X IPS SMA SWASTA ADVENT NUSRA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama dalam pembelajaran geografi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan materi Pembentukan Planet Bumi di SMA Swasta Advent Nusra. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh model pembelajaran ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Satu kelas yang terlibat dalam penelitian ini adalah kelas X IPS dengan 13 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebelum penelitian untuk menggambarkan kondisi kelas, sedangkan tes digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Data nama dan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru dan peserta didik. (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pembentukan Planet Bumi. (2) Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest pada kelas X IPS yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 62,08 menjadi 85,08 dari hasil posttest. (3) Uji Independent Sample T-test dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik dan hal ini terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan materi Pembentukan Planet Bumi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dana Alfonso - Personal Name
Student ID
1901100075
Dosen Pembimbing
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Husain Hasan - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Alf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA