Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Kecamatan Teluk Mutiara Kota Kalabahi

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Kecamatan Teluk Mutiara Kota Kalabahi

XML

Analisis kecelakaan lalu lintas di kecamatan Teluk Mutiara Kota Kalabahi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi geometrik jalan, mengetahui volume lalu lintas harian rata-rata, apakah ruas jalan Jend. Sudirman masih dapat melayani LHR saat ini dan mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Deskriptif Penelusuran (Racer Study), yaitu penelitian yang dilakukan dengan menelusuri peristiwa dimasa lalu dan mencari akibatnya pada masa sekarang. Data yang diperlukan yaitu data geometrik jalan dan LHR yang diperoleh dari lapangan, data kecelakaan lalu lintas dari Polres Kabupaten Alor. Hasil penelitian dan perhitungan data yang pertama didapat volume lalu lintas pada jalan jend. Sudirman yang menampung 6000–20.000 dengan perhitungan LHR jumlahnya 12,018 kendaraan/hari/2 jurusan masih mampu menampung lalu lintas yang melewati ruas jalan Jend. Sudirman. Yang kedua data kecelakaan lalu lintas dalam 6 tahun 2017–2022, terdapat sebanyak 92 kejadian kecelakaan dengan rincian 16 kecelakaan di tahun 2017, 17 kecelakaan di tahun 2018, 12 kecelakaan di tahun 2019, 9 kecelakaan di tahun 2020, 15 kecelakaan di tahun 2021 dan 23 kecelakaan di tahun 2022. Ketiga tentang faktor-faktor penyebab kecelakaan di kecamatan teluk mutiara dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu faktor manusia, Sarana dan Prasarana Jalan dan lingkungan, namun selama tahun 2017- 2022 kecelakaan lalu lintas masih di dominasi oleh faktor pengemudi dan lingkungan. Kesimpulan yang diambil adalah sebagai berikut: (1) Kondisi geometrik jalan yang memiliki panjang ±1,5 Km, terdapat 1 jalur, 2 lajur dan 2 arah, termasuk kelas gelombang II dengan tipe jalan 2/2 UD, memiliki lebar efektif jalan ± 6 m, lebar bahu <1 m, tipe alinemen datar dan terdapat marka jalan, dengan saluran irigasi yang sering tersumbat, kondisi trotoar yang sering digunakan sebagai tempat parkir dan berjualan ikan, lampu lalu lintas yang tidak beroperasi secara baik/rusak dan tidak diperbaiki dengan alasan tidak adanya dana untuk perbaikan. (2) Volume lalu lintas yang bisa menampung 6000 – 20.000 kendaraan dengan perhitungan LHR yang jumlahnya 12,018 kendaraan/hari/2 jurusan, dapat dikatakan normal atau masih mampu menampung lalu lintas yang melewati jalan ini sesuai dengan syarat perencanaan geometrik jalan. (3) Karakteristik kecelakaan terhitung dari tahun 2017-2022 terdapat 92 kejadian KLL, dengan korban MD pada 39 kasus kecelakaan, korban LB pada 70 kasus kecelakaan yang paling tinggi terjadi pada tahun 2019, dan korban LR pada 84 kasus kecelakaan pada tahun 2022. Faktor-faktor penyebab kecelakaan terjadi, yaitu faktor manusia, Sarana dan Prasarana Jalan dan lingkungan, namun masih di dominasi oleh faktor pengemudi dan lingkungan.

kata kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Geometrik, Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata, Faktor Penyebab Kecelakaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FIJRAH ALIYATI KALAE - Personal Name
Student ID
1801110050
Dosen Pembimbing
KETUT M KUSWARA - 196511061992031001 - Dosen Pembimbing 1
Roly Edyan - 198806222020121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ketut M Kuswara - 196511061992031001 - Ketua Penguji
Roly Edyan-19611105 199003 1 001 - - Penguji 1
Asrial - 196111051990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Bangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 KAL A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA